Pertolongan Pertama Saat Hape Terendam Air



Pertolongan Pertama Saat Hape Terendam Air [ www.BlogApaAja.com ]

Insiden ponsel terendam air merupakan kejadiancukup sering terjadi di kalangan para pengguna ponsel. Tapi apakah Anda pernahmencoba memperbaikinya sendiri?

Apabila ponsel Anda masih dalam masa garansi,sebaiknya memang segera bawa ke service center terdekat. Namun apabila masagaransinya sudah habis, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tipspertolongan pertama apabila ponsel Anda tak sengaja tercebur dan terendam air.

1. Jangan menghidupkan ponsel Anda di saatmasih dalam keadaan basah, karena akan mengakibatkan terjadinya korsleting padasirkuit dalam ponsel.

2. Segera lepas baterai, SIM card dan kartumemori dari ponsel. Karena selain bisa mencegah terjadinya hubungan pendekkelistrikan (konsleting), ini sekaligus mencegah hilangnya data yang tersimpandi SIM card maupun di kartu memori.

3. Pastikan ponsel Anda tidak terkontaminasioleh air laut. Sebab kandungan garam dalam air laut sangat berbahaya bagiperangkat elektronik.

Namun jika memang ponsel Anda ikut terendamketika Anda sedang berlibur ke pantai, maka basuhlah ponsel Anda dengan denganair tawar terlebih dahulu dengan hati-hati, setelah itu baru lepas baterai danjuga SIM card-nya.

4. Segera keringkan ponsel dengan menggunakanhanduk atau kain yang kering. Usahakan tidak menggoyang-goyangkannya terlalukeras, karena kandungan air di dalam ponsel bisa jadi malah menyebar kekomponen lain.

5. Cobalah mengeringkannya dengan menggunakanhairdyer atau vacuum cleaner kecil selama beberapa menit. Ini dimaksudkan untukmenyedot kandingan air di dalam ponsel. Kewmudian letakkan ponsel Anda ditempat dengan sirkulasi udara yang hangat selama beberapa jam.

6. Masukkan ponsel Anda yang sudah terpisahdengan baterai ke dalam wadah berisi beras selama 24 jam. Beras mempunyaifungsi seperti gel silika,yang dapat menyedot dan menyerap lembab.

Pastikan ponsel Anda sudah dalam kondisikering ketika menyematkan kembali, baterai, SIM card dan kartu memori kedalamnya. Kemudian periksalah apakah baterai tersebut normal. Anda dapatmencoba menggunakan baterai cadangan yang sesuai untuk memastikanya.

Jika ponsel menunjukan respon saat kembalidihudupkan, seperti tombol ponsel yang menyala, maka kemungkinan besar ponselAnda dapat diselamatkan. Kalau layar ponsel masih belum dapat menyala, lakukanpengeringan kembali pada layar ponsel.

Apabila ponsel tetap masih belum dapatmenyala, sebaiknya Anda segera membawa ke teknisi ponsel terpercaya.

Follow On Twitter