Mengapa Kita Punya Alis Mata?



Mengapa Kita Punya Alis Mata? [ www.BlogApaAja.com ]

Tuhan memang menciptakan manusia dengan bentuksempurna. Setiap bagian tubuh menambah kesempurnaan sekaligus punya fungsinya.

Alis mata dimiliki oleh manusia dan sebagianbesar mamalia. Selama ini, alis mata selalu menjadi perhatian bila berhubungandengan kecantikan. Bagian ini menjadi penting untuk penampilan, maka tak heranalis ikut jadi objek riasan untuk memperindah tampilan wajah.

Selain penampilan, sebenarnya fungsi alis jugauntuk menahan aliran air dan keringat agar tidak langsung mengenai mata. Cobaperhatikan, alis mata yang ditumbuhi bulu-bulu halus dan berbaris rapi letaknyapada bagian yang sedikit menonjol di atas mata.

Karena itulah setiap kamu berkeringat, lelehankeringat yang mengucur dari kepala, meluncur ke dahi, dan akan tertahan di alismata. Bila kita tak punya alis, bisa bayangkan sendiri, keringat akan langsungmenetes ke mata dan membuat mata kita perih. Bahkan, tak bisa melihat jelaskarena kuyup oleh keringat.

Anehnya, pada beberapa orang ada yang alismatanya dicukur habis. Ada yang karena tuntutan gaya (fashion) dan ada pulakarena kepercayaan tertentu. Tak terbayangkan, orang-orang tersebut biasanyatak boleh banyak berkeringat, kecuali selalu menyeka keringat di dahi merekaagar mata tak kelilipan.

Padahal alis mata selain berfungsi sebagaikesempurnaan wajah dan penahan keringat, juga sebagai alat pendeteksi. Ya, alismata menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada didekat mata. Contohnya serangga, debu dan kotoran. Kalau kita tak punya alismata, tak ada lagi "radar" buat mata kita.

Alis secara psikologis juga menjadi pembentukkarakter wajah. Maksudnya, kita akan tahu kapan seseorang sedang marah, sedih,atau senang terlihat dari bentuk alisnya. Bagi orang yang berkecimpung di duniagambar pasti harus belajar menggambar wajah dengan beragam ekspresi.

Banyak kan fungsi alis mata? Nah, kita semakinmengerti ya betapa hebatnya Tuhan membentuk manusia dengan detail dan penuhperhitungan.


Follow On Twitter