Cara Mudah Bersihkan Radiator



Pemilik motor berpendingin air, mesti apik merawat radiatornya. Jika perawatan dilakukan tak semestinya, atau tidak dirawat sama sekali, dipastikan peranti ini cepat rusak. Dampaknya, mesin motor overheating.



Ada kiat khusus untuk menghindari terjadinya kerusakan pada peranti pendingin mesin ini. Pertama, sediakan kunci pas atau ring 10,12 dan 14 serta obeng plus (+) dan min (-). Tak lupa kain lap dan cairan pembersih lantai keramik.

Caranya, lepaskan radiator dengan kunci yang disebut diatas. Lalu keringkan air di dalamnya. Ikat selang air di bagian yang mengeluarkan air di bagian bawah dengan karet gelang, Tuang secukupnya cairan pembersih lantai ke "liang" radiator secara perlahan. Diamkan beberapa saat agar sumbatan di sekat radiator rontok.

Selanjutnya, buang air rendaman dan bilas radiator dengan air bersih. Setelah dibilas, pastikan kondisinya benar-benar bersih dari busa sisa cairan pembersih lantai. Kini radiator dijamin bersih dan bebas dari kotoran yang mengganggu sirkulasi air di radiator.

Sebaiknya bersihkan kisi-kisi atau sirip pendingin radiator seminggu sekali. Caranya, gunakan sikat plastik atau sikat untuk mencuci pakaian. Membersihkannya, pertama sediakan ember berisi air campur sabun atau shampo, sikat dan kawat besi.

Dalam keadaan kering, bersihkan dengan sikat agar mampu membersihkan semua kotoran menempel. Kemudian, basuh radiator dengan air sabun secara merata. Terakhir, gunakan kawat besi untuk meluruskan sekat yang bengkok dengan mencungkil dan diratakan kembali seperti semula.

Follow On Twitter