Menemukan Surga Di Dalam Perut Goa Cipicung, Sukabumi




Menemukan Surga Di Dalam Perut Goa Cipicung, Sukabumi [ www.BlogApaAja.com ]

Goa memiliki perut yang sangat luas



Bagi Anda yang bernyali besar, caving di Goa Cipicung, Sukabumi sepertinya bisa menjadi alternatif liburan. Di goa ini terdapat pemandangan sungai indah bagai surga.

Goa Cipicung berada di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Goa yang juga memiliki nama Goa Buni Ayu ini memang biasa menjadi tempat penjelajahan para wisatawan yang senang memacu adrenalinnya.

Sebelum memasuki perut goa, alangkah baiknya jika Anda menggunakan berbagai alat keselamatan yang telah disediakan oleh pemandu perjalanan. Nah, jika helm, sepatu boot, dan perlengkapan lainnya telah dikenakan, barulah Anda bisa menjelajah Goa Cipicung.

Goa ini memiliki kedalaman hingga sekitar 32 meter. Mulut goa yang curam memaksa Anda harus ekstra hati-hati jika tidak ingin terpeleset. Maklum saja, bagian dalam goa yang tidak terkena matahari membuat akses penjelajahan semakin sulit karena licin.

Ada dua cara untuk memasuki goa ini, yaitu jalur horizontal dan jalur vertikal. Untuk jalur horizontal, Anda akan menjelajah goa hampir sama dengan goa pada umumnya. Akan tetapi, jika Anda ingin tantangan yang lebih, jalur vertikal nampaknya bisa menjadi pilihan. Anda akan memasuki goa menggunakan tali yang diikatkan ke badan dan turun ke lubang yang cukup sempit.


Menemukan Surga Di Dalam Perut Goa Cipicung, Sukabumi [ www.BlogApaAja.com ]

Suasana di dalam goa


Ketika sudah sampai di dasar goa, pemandangan akan terlihat sangat berbeda, luas dan indah. Di sini terlihat jelas stalagtit dan stalagmit yang cantik dan berbagai retakan perut bumi. Banyak orang yang mengatakan bahwa Goa Cipicung sama halnya seperti museum revolusi di dalam perut bumi.

Teruslah berjalan menelusuri bumi hingga 3.300 meter dan menemukan pintu keluar. Di sini Anda harus hati-hati, sebab lagi-lagi jalan yang licin dan terjal cukup menjadi tantangan bagi perjalanan. Belum lagi Anda akan terhalang dengan lumpur yang bisa membuat kaki terasa berat.

Namun, perjalanan berat Anda kali ini pasti akan terbeyar ketika keluar dari goa. Sungai yang mengalirkan air yang sangat jernih seperti oase di antara bebatuan yang Anda lihat sepanjang perjalanan tadi. Di sini Anda bisa membersihkan badan sambil beristirahat.

Sungai ini juga memiliki air terjun kecil yang sangat memukau. Gemuruh air dari air terjunnya membuat suasana sangat tenang dan nyaman. Belum lagi hembusan angin yang bisa membuat Anda merasa ingin terlelap.


Menemukan Surga Di Dalam Perut Goa Cipicung, Sukabumi [ www.BlogApaAja.com ]

Menuruni goa


Menemukan Surga Di Dalam Perut Goa Cipicung, Sukabumi [ www.BlogApaAja.com ]

Bersihkan lumpur di sungai




Follow On Twitter