Menjelajah Data Center Google



Google baru saja membuka "pintu" bagi siapapun yang ingin berkunjung ke data center mereka di California, Amerika Serikat.

Hmm...kira-kira seperti apa suasana fasilitas strategis tersebut?

Para pengguna internet kini bisa bebas menjelajah pusat data Google melalui Google Street View. Meski secara virtual, namun Google tampaknya ingin memberikan pengalaman bertamasya semaksimal mungkin.

"Untuk pertama kalinya Anda semua bisa melihat data center kami dan mengunjunginya secara virtual," tulis Urs Hlzle, Senior Vice President of Technical Infrastructure melalui blog resmi Google.

Menjelajah Data Center Google [ www.BlogApaAja.com ]

Melalui layanan baru terebut, para pengunjung bisa masuk melalui pintu utama dan akan langsung bertemu dengan meja resepsionis serta beberapa ruangan khusus karyawan. Setelah itu baru, pengguna bisa menjelajahi beberapa ruangan yang di didekorasi dengan corak khas Google.

Tapi yang paling mengasyikan adalah, di sini pengunjung bisa melihat-lihat markas data center Google yang sebetulnya sangat terlarang untuk diintip oleh siapapun yang tidak berkepentingan.

"Hanya segelintir orang yang pernah masuk ke data center Google, karena kami mengutamakan keamanan serta kerahasiaan data Anda," tambah Hlzle di keterangan yang sama.

Selain bisa menjelajah ke pusat data Google di Lenoir, North Carolina, para pengunjung juga disodorkan foto-foto menarik data center di Berkeley County (South Carolina), Council Bluffs (Iowa), The Dalles (Oregon), Douglas County (Georgia), Lenoir (North Carolina), Mayes County (Oklahoma), dan dua lainnya yang berada di Finlandia dan Belgia.

Foto-foto tersebut merupakan hasil karya fotografer handal Connie Zhou, jadi sudah terbayang seperti apa keindahannya. Penasaran seperti apa isi data center Google? Silahkan kliklink berikut ini.


Follow On Twitter