Codex Gigas, Alkitab Iblis ??



Codex Gigas, Alkitab Iblis ?? [ www.BlogApaAja.com ]

Codex gigas

atau buku raksasa adalahsebuah manuskrip abad pertengahan dengan ukuran terbesar yang masih ada. Bukuini ditulis pada awal abad ke-13 di biara ordo benediktus di podlazice diBohemia. Saat ini buku tersebut tersimpan di Swedish Royal Library di Stockholm.Dibutuhkan tenaga dua pustakawan untuk mengangkat buku tersebut. Buku inisering juga disebut "alkitab iblis" karena adanya sebuah ilustrasi ukuran besarbergambar setan didalamnya.

Kodeks tersebut ditaruh disebuah tempat yangterbuat dari kayu, dilapisi dengan kulit dan dihias dengan logam. Tingginya 92cm, lebarnya 50 cm dan memiliki tebal 22 cm. Pada mulanya, kodeks itu memiliki320 lembar naskah. Namun 8 lembar darinya dibuang. Tidak diketahui siapa yangmembuang 8 lembar tersebut dan untuk tujuan apa. Ada dugaan 8 lembar yangdibuang kemungkinan berisi aturan-aturan biara ordo benediktus. Berat kodekstersebut hampir mencapai 75 kg. Lembaran yang digunakan untuk menulis kodeksini adalah kulit yang berasal dari 160 ekor anak sapi.

Codex Gigas, Alkitab Iblis ?? [ www.BlogApaAja.com ]

Biara tempat kodeks ini dibuat dihancurkanpada abad ke-15. Catatan yang ada pada kodeks menunjukkan bahwa pembuatankodeks tersebut adalah sekitar tahun 1229 M. Setelah penulisannya, kodeks inikemudian dipindahkan ke Biara Cistercians Sedlec dan akhirnya dibeli oleh Biarabenediktus di Byoevnov. Dari tahun 1477-1593, kodeks ini disimpan diperpustakaan di Broumov sampai akhirnya dibawa ke Praha pada tahun 1594 untukmenjadi bagian dari koleksi Rudolf II. Pada tanggal 24 September 2007, Codexgigas dibawa kembali ke Praha setelah 359 tahun.

Isi dari kodeks ini adalah "a sum of theBenedictine order"s knowledge", "The War of the jews" tulisan Josephus, daftarpara orang kudus, metode untuk menentukan tanggal perayaan paskah, seluruhalkitab bahasa latin pre-vulgate, Isidore of Seville"s encyclopediaEtymologiae, Cosmas of Prague"s Chronicle of Bohemia, berbagai macam traktat(dari sejarah, etimologi dan fisiologi), sebuah kalender dengan nekrologium,daftar nama para biarawan di biara Podlaice, formula-formula ajaib dan catatan-catatanlain.

Codex Gigas, Alkitab Iblis ?? [ www.BlogApaAja.com ]

Seluruh isi kodeks ini ditulis dalam bahasalatin. Manuskrip ini juga dihiasi dengan warna-warna seperti merah, biru,kuning, hijau dan emas. Seluruh huruf besar diberi warna yang mencolok. Yangluar biasa adalah keseluruhan isi kodeks ini ditulis dengan relevansi yang luarbiasa antar halaman. Yang berarti bahwa buku ini ditulis oleh satu orang denganpikiran yang berkesinambungan. Hal ini membuat banyak ahli percaya bahwakeseluruhan kodeks ini ditulis dalam waktu yang sangat singkat.

Pada halaman 290, terdapat sebuah gambar Iblisdengan tinggi sekitar 50 cm. Beberapa halaman sebelum gambar ini ditulis padalembaran kulit yang menghitam dan dibuat dengan karakter yang gelap, yangmembuatnya berbeda dengan keseluruhan isi kodeks.

Codex Gigas, Alkitab Iblis ?? [ www.BlogApaAja.com ]

Menurut Legenda, penulis kodeks itu adalah seorang biarawan yang melanggar aturan biara dandihukum dengan diikat di dinding dalam posisi berdiri seumur hidup. Biarawanini memohon ampunan dari penghukuman yang luar biasa kejam itu. Sebagaigantinya ia berjanji untuk membuat sebuah buku yang akan memuliakan biara danpengetahuan umat manusia selamanya, dan ia berjanji menyelesaikannya hanyadalam satu malam. Menjelang tengah malam, biarawan itu menjadi ragu apakah iadapat menyelesaikannya sendiri. Jadi ia menjual jiwanya kepada iblis demisebuah pertolongan. Iblis kemudian menyelesaikan manuskrip tersebut. Sebagaipenghormatan kepada iblis yang membantunya, biarawan itu menambahkan gambariblis ke dalam kodeks tersebut. Walaupun adanya legenda yang melibatkan iblis,pada zaman inkuisisi, kodeks ini tetap disimpan oleh biara dan dipelajari olehbanyak cendikiawan sampai hari ini.


Follow On Twitter