Ultrabook Merangkap Tablet



Ultrabook Merangkap Tablet [ www.BlogApaAja.com ]

Jakarta- Pada akhir tahun ini, pasar komputer Indonesia, khususnya kategori laptop, bakal kebanjiran sekitar 140 jenis produk berbasis Windows 8. Mayoritas produk tersebut menggunakan prosesor Intel.

Bryan Deaner, Brand Manager Intel Corporation, mengatakan laptop yang masuk kategori ultrabookgenerasi terbaru ini berbasis prosesor Intel generasi ketiga atau yang biasa dikenal dengan Sandy Bridge.

"Banyak eksperimentasi dan inovasi pada generasi ini," kata Bryan kepada wartawan pada akhir pekan lalu. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi ini memiliki dua fungsi, yakni sebagai laptop dan tablet.

Ultrabookjenis baru yang akan masuk pasar Indonesia, antara lain, Asus Taichi, Dell XPS Duo 12, dan Sony Vaio Duo 11. Ketiganya memiliki daya tahan baterai minimal 5 jam dan aktif dari keadaan tertidur dalam 7 detik.

Fitur baru yang ditanamkan diultrabookini adalah kemampuanstreamingdata ke televisi secara nirkabel, teknologi antipencuri, USB 3.0 untuk transfer data berkecepatan tinggi, Windows 8, dan prosesor Intel generasi ketiga.

Dari ketigaultrabooktersebut, Asus Taichi, yang dihargai US$ 1.729 (sekitar Rp 16,5 juta), adalah paling ramping. Ada dua pilihan layar, yaitu 11,6 inci dan 13,3 inci, dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Asus juga menyertakan teknologi 10 jari sentuh. Artinya, layar bisa memproses 10 perintah sekaligus.

Layarnya menghiasi dua sisi, depan dan belakang, serta bisa bernavigasi memakai pena digital ataustylus. Kedua layar bisa menampilkan hal yang sama atau berbeda alias independen. Ada tombol fisik di papan kunci yang tinggal ditekan untuk mengaktifkan.

Dell menampilkanultrabookdengan layar berbingkai yang bisa dibalik. Saat dibalik,ultrabook berfungsi sebagai tablet. Ada tombol berlogo Windows di sisi bawah layar untuk mengaktifkan tampilan Windows 8.

Seperti Taichi,ultrabookconvertible ini memiliki bobot sekitar 1,5 kilogram. Dengan hanya menyediakan satu layar,ultrabookini dibanderol seharga sekitar Rp 11 juta.

Adapun Sony Vaio Duo 11 mengadopsi teknologi geser yang sudah diterapkan pada Asus setahun lalu. Bobotnya lebih ringan, yakni sekitar 1,3 kilogram. Namun, dari sisi desain, ultrabookini terlihat kurang elegan lantaran pinggiran tubuh dari papan kunci terasa tajam.

SepertiultrabookAsus Taichi, Vaio Duo 11 juga bisa bernavigasi dengan menggunakan stylusatau pena digital. Harganya sekitar Rp 14 juta.

Kekurangan produkultrabook convertible, selain harganya mahal, adalah bobot yang terasa berat. Hal ini disebabkan oleh, saat berfungsi sebagai tablet,keyboardtetap menempel di bagian belakang. Ini jelas berbeda dengan tablet murni.

Sebagai contoh, iPad 4 yang berbobot 662 gram saja kini terasa kurang nyaman digunakan jika dibandingkan dengan iPad mini yang berbobot 308 gram. "Saya kira tahun depan bakal ada perbaikan-perbaikan," kata Bryan.

BUDI RIZA

SPESIFIKASI

SONY VAIO DUO 11

Prosesor: Inteldual-coregenerasi ketiga Core i5 3317U, 1.7 GHz

Prosesor grafik: Intel HD Graphics 4000

Memori internal: 6 GB (maksimal 8 GB)

Penyimpanan: 128 GBhard-drive

Layar: 11.6 inciin-plane switching

Resolusi: 1.920 x 1.080 piksel (Full HD)

Harga: Rp 14 juta

DELL XPS 12

Prosesor: Inteldual-coregenerasi ketiga Core i5-3317U, 1.7 GHz

Prosesor grafik: Intel HD 4000

Memori internal: 4 GB (maksimal 8 GB)

Penyimpanan: 128 GBhard-drive

Layar: 12.5 inciin-plane switching


Follow On Twitter