Izin Demo Flight, Pilot Sukhoi Boleh Manuver



Izin Demo Flight, Pilot Sukhoi Boleh Manuver [ www.BlogApaAja.com ]

- Sukhoi Superjet 100 yang menabrak tebing di Gunung Salak mengantongi izin demo flight di Indonesia. Dengan izin itu, pilot pesawat boleh melakukan manuver-manuver dalam penerbangan tersebut.

Demikian diungkapkan oleh Sunaryo dari PT Trimarga sebagai agen Sukhoi di Indonesia, Senin 14 Mei 2012. "Di dalam surat perizinan dari pihak Rusia mengatakan adanya starting demo dan flight demo," ujar Sunaryo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Karena izin yang dikantongi itu demo flight, Sukhoi meminta PT Trimarga mengundang pihak aviation di Indonesia untuk turut dalam penerbangan itu. Setiap penumpang pun diasuransikan sebesar US$50 ribu."Pengertian dari pihak Rusia dan kita, demo flight bukan seperti yang kita ketahui berrsama, sekadar terbang," katanya. "Kalau demo flight kita berikan momen-momen dan manuver-manuver. Sehingga mereka mengundang pihak aviation menggunakan SSJ 100."

Namun, Sunaryo mengaku tak tahu apakah pilot Aleksandr Yablontsev melakukan manuver sebelum pesawat buatan Rusia itu menabrak tebing. Soal itu, kata dia, hanya pilot dan menara kontrol penerbangan bandara yang tahu. "Pihak pilot dengan ATC mesti ada kontaknya, itu KNKT yang bisa buka semuanya," ujar dia.

Yang disesalkan Sunaryo adalah mengapa manifes penumpang Sukhoi nahas itu terbawa rekannya yang ikut terbang dalam joy flight kedua tersebut. "Karena seharusnya manifes itu orang ground yang bawa. Itu yang saya ketahui," tutur dia.


Follow On Twitter